Rabu, 23 Desember 2015


SILABUS PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 MATARAM Kelas : VII Kompetensi Inti : KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedur) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu. 1.2 Membiasakan mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari). 2.1. Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa). 2.2. Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi. 3.2. Memahami pengertian Catur Asrama sebagaijenjang kehidupan dalam agama hindu 3.3. Menyebutkan bagian-bagian Catur Asrama Catur Asrama Mengamati: • Menyimak dengan seksama paparan pengertian Catur Asrama • Membaca bagian-bagian Catur Asrama dalam agama Hindu Menanya: • Menanyakan pada pendidik dan teman apa itu catur Asrama • Menanyakan pada pendidik bagian-bagian catur asrama Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 1. Mempresentasikan tentang pengertian Catur Asrama 2. Menjelaskan tentang bagian-bagian Catur Asrama Mengasosiasi: 1. Menganalisis pengertian Catur Asrama 2. Menganalisis macam-macam Catur Asrama Mengomunikasikan: • Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Catur Asrama • Peserta didik mampu menyebutkan bgian-bagian Catur Asrama . Tugas: Peserta didikdapat memahami pengertian catur asrama dan bagian-bagian dari catur asrama. Tes: Pendidik memberikan Tes tulis kepada peserta didik untuk dikerjakan. Observasi: Pendidik meminta peserta didik untuk mengamati bagian-bagian Catur Asrama 15 JP • Buku Teks pelajaran Agama Hindu • Kitab Sarasamuscaya Koran, dan Majalah Mengetahui : Mataram, Maret 2015 Kepala SMP NEGERI 1 MATARAM Guru mata pelajaran, ( ) (NI WAYAN MARIASEH) NIP: NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar