RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 MATARAM
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Catur Asrama
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai perilaku (jujur, tanggung jawab, peduli ,santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, ramah lingkungan, gotong royong) dalam interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3. Memahami dan menerapkan pegetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan dan perabadan terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar berbagai hal dalam ranah konkret(menggunakan, mengurai , merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak( menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu.
1.2 Membiasakan mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari). 1.1.1 Membiasakan mengucapkan salam Agama Hindu
1.1.2 Membiasakan mengucapkan Dainika Upasana
2.1. Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2. Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi. 2.1.1 Menumbuhkan sikap toleransi sesame keluarga dan lingkungan.
2.1.2 menumbuhkan rasa bhakti dan hormat, jujur pada orang tua, pendidik dan orang yang lebih tua
3.1 Memahami pengertian Catur Asrama dalam Agama Hindu 3.1.1 Menjelaskan pengertian Catur Asrama
4.1 Memahami bagian-bagian catur asrama dalam agama hindu .
4.1.1 Menjelaskan bagian-bagian catur asrama dalam agama hindu
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat melakukan hal- hal berikut :
a. Membiasakan diri mengucapkan salam Agama Hindu.
b. Membiasakan diri mengucapkan Dainika upasana.
c. Menumbuhkan sikap sopan dan santun pada orang tua, pendidik dan orang yang lebih tua.
d. Menumbuhkan sikap toleransi kepada orang tua dan lingkungan.
e. Menguraikan dan menjelaskan pengertian catur asrama dalam Agama Hindu.
f. Menyebutkan bagian-bagian catur asrama secara baik dan benar.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian catur asrama
2. Bagian- bagian catur asrama
E. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Demontrasi
F. Sumber Belajar
1. Komang Susila, dkk.2013, Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Jakarta, Kemendik bud RI
2. Saramusccaya
G. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan
a. Papan Tulis
b. sepidol
H. Langkah- langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 10 Menit)
a. Pendidik mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam agama Hindu yakni “ Om Swastyastu”. Setelah mengucapakn salam agama Hindu, Pendidik mengajak peserta didik untuk melantunkan guru mantra
b. Pendidik mengajak peserta didik mengucapakn doa Dainika Upasana untuk memulai belajar
c. Kemudian ,pendidik mempersiapkan peserta didik memulai melaksanakan proses pembelajaran.
2. Kegiatan Inti ( 95 menit)
Mengamati:
1. Peserta didik membaca materi pengertian catur asrama pada buku teks pelajaran agama Hindu secara detail.
2. Pendidik memberikan paparan secara singkat pengertiancatur asrama. Peserta didik mendengarkan dengan seksama pengertian catur asrama yang dipaparkan oleh pendidik.
Menanya :
1. Setelah peserta didik membaca dan medengar pengertian catur asrama, kemudian pendidik memberikan pertanyaan pancingan kepada peserta didik tentang pengertian catur asrama.
2. Setelah mendapat respons dari peserta didik, pendidik kemudian mengugah peserta didik bertanya lebih mendalam tentang pengertian catur asrama.
Mengeksperimen / mengeksplorasikan:
Setelah peserta didik membaca, mendengar dan menanyakan pengertian catur asrama kepada pendidik, teman dan orang di sekitarnya, pendidik memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari
Mengasosiasikan
Setelah peserta didik membaca, mendengar, mengumpulkan data tentang pengertiancatur asrama , pendidik meminta peserta didik menyimpulkan pengertian catur asrama dari hasil pengamatan, menanyakan, dan mengumpulkan data, dengan menggunakan pemahaman sendiri.
Mengkomunikasikan:
a. Setelah peserta didik mengamati, menanya, menganalisis dan mengumpulkan data mengenaicatur asrama , kemudian pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan secara lisan ke depan kelas pengertian catur asrama yang dipahami.
b. Setelah peserta didik memberikan laporanya, kemudian pendidik memberikan arahan mengenai pengertian catur asrama sesuai materi dalam buku- buku agama Hindu.
3. Kegiatan Penutup ( 15 Menit)
a. Pendidik memberikan kesimpulan bahwa catur asrama artinya empat jenjang yang dilalui dalam kehidupan yang berdasarkan tuntunan rohani, adapun bagian-bagiannya yaitu . Brahmacari,Grahasta, Wanaprasta Biksuka ( sanyasin )
b. Kemudian, pendidik menutup proses pembelajaran dengan mengucapkan parama santih.
I. Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Teknik : penilaian diri
b. Bentuk instrument : Lembar penilaian diri
c. Kisi- kisi
No Aspek Sikap Skor Perolehan
Penilaian Diri Penilaian oleh Pendidik
1 2 3 4 1 2 3 4
1. Kedisplinan
2. Ketekunan
Total
2. Sikap sosial
a. Teknik : antar peserta didik
b. Bentuk instrument : lembar antar peserta didik
c. Kisi- kisi
No Aspek Skor Penilaian
1 2 3 4
1 Kejujuran
2. Tanggung jawab
3. Kesopanan
Total
3. Pengetahuan
a. Teknik : tes tulis
b. Bentuk instrument : uraian
c. Kisi- kisi
No Indikator Butir Instrumen
1. Uraikanlah pengertian Sad Atatayi 1
2. Sebutkan bagian-bagian Sad Atatayi 1
4. Keterampilan
a. Teknik : projek
b. Bentuk Instrumen : Lembar Projek
c. Kisi- kisi
Aspek Kriteria dan Skor
Sangat Lengkap (3) Lengkap ( 2) Tidak Lengkap( 1)
Persiapan
Pengumpulan Data
Pengolahan data
Pengolahan tertulis
Mengetahui, Mataram, Maret 2015
KEPALA Sekolah Mataram, Guru Mata Pelajaran,
( ) ( NI WAYAN MARIASEH )
NIP: NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar