Senin, 04 Januari 2016


SILABUS Sekolah : Kelas/Semester : VII/I Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindudan Budi Pekerti KompetensiInti KI 1 Menghargaidanmenghayatiajaran agama Hindu KI 2 Menghargaidanmenghayatiprilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransidangotongroyong),santun, percayadiridalamberinteraksisecara effective denganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya KI 3 Memahamipengetahuan (factual, konseptualdanprocedural )berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, senidanbudayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata. KI 4 Mencobamengolahdanmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai , merangkai, memodifikasidanmembuat) danranah abstract (menulismembaca, menghitung, menggambardanmengarang ) sesuaidengan yang dipelajaridisekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang yang berbeda KompetensiDasar MateriPokok Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu SumberBelajar 1.1 Membiasakanmengucapkansalam agama Hindu 1.2 Membiasakanmengucapkandainikaupasana (doaseharihari) Pengucapan mantra dandoasehariharisebagaibentukpenghargaandanpenghayatansertapengamalanajaran agama Penilaiandilakukanmelaluiobservasidanself assessmentataupenilaiandiri 2.2 Toleranterhadapsesama, keluargadanlingkungandengancaramenyayangisemuamahluk. 2.3 Berprilakujujur, menghargaidanmenghormatimahlukciptaan Ida Sang HyangWidhi 3.1 MampumenguraikanAstaAiswarya 4.1 MenggambarkanAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi AstaAiswarya: - Anima - Laghima - Mahima - Wasitwa - Prakamya - Prapti - Yatra Kama Wasittwa Mengamati - MenyimakAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi - MembacamaterimateriAstaAiswarya Menanya - SiswabertanyatentangAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi - SiswabertanyatentangbagianbagianAstaAiswarya Mengumpulkan Inform - SiswamengumpulkanmateritentangAstaAiswarya - SiswamengumpulkaninformasitentangwujudAstaAiswarya - SiswamenyimakmateridisampaikanPendidik Mengasosiasi - SiswamengasosiasikanpristiwatertentusebagaiwujudAstaAiswarya - SiswamenyimpulkansumbersumberbacaantentangAstaAiswarya Mengkomunikasikan - SiswamenyampaikanAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi - Siswamenyampaikankesimpulantentangmateri yang dipelajari Kognitif: - Siswamengerjakanlatihansoal yang diberikan guru - Siswamengerjakanlatihansoal di LKS bab I - SiswamenggambarkankeyakinanterhadapNawaDewata Afektive - Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment 12 JP -BukupaketPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekertikelas -Buku LKS WidyaPustaka 3.2 MampumenguraikanpemimpindankepemimpinanHindu 4.2 Mampumenguraikanajarankepemimpinan Hindu - Pemimpindankepemimpinansertaajarankepemimpinan Hindu: - - AstaBrata - - Tri Upaya Sandi - - PancaUpaya Sandi Mengamati - Siswamembacamateripemimpindankepemimpinandaribeberapaaspek - Siswamembacadanmengamatiajaranajarankepemimpinan Hindu yakniastabratadanPancaupayasandhi Menanya - Siswabertanyatentangperbedaanpemimpindankepemimpinan - Siswabertanyatentangajarankepemimpinan Hindu; AstaBratadanpancaUpayasandhi Mengumpulkaninformasi - Siswamembacamateritentangpemimpindankepemimpinan Hindu - Siswamencaribentukbentukkepemimpinan Hindu Mengasosiasi - Siswamenunjukkanperbedaanpemimpindankepemimpinan - Siswamenunjukkanprilakupemimpinberdasarkanajarankepemimpinan Hindu Mengkomunikasikan - Siswamenyampaikanperbedaanpemimpindankepemimpinan di depankelas - Siswamenjelaskanajarankepemimpinan Hindu dancontohpenerapannya Kognitif: - Siswamengerjakanlatihansoal yang diberikan guru - Siswamengerjakanlatihansoal di LKS bab II - Siswamenggambarkanupayapenerapankepemimpinan di lingkungansekitarnya Afektive - Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment 12 JP -BukupaketPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekertikelas -Buku LKS WidyaPustaka 3.3 MampumenguraikanDewa, BhataradanAwatarasebagaiaspekSradha 4.3 MampumenunjukkankeyakinanterhadapDewa, BhataradanAwatara - Dewa, BhataradanAwataraberdasarkankeyakinan Hindu Mengamati - SiswamencatatdanmembacamateritentangDewa, BhataradanAwatara - SiswamendengarkanpenjelasantentangDewa, BhataradanAwatara Menanya - SiswabertanyatentangDewa, BhataradanAwatara - SiswabertanyatentangCeritaDasaAwataraWisnu MengumpulkanInformasi - SiswamerangkummateritentangDewa, BhataradanAwataradariberbagaisumber - SiswamencariceritaDasaAwataraWisnu Mengasosiasi - SiswamenunjukkankeyakinanterhadapDewa, BhataradanAwatara - SiswamenyimpulkanceritaDasaAwataraWisnu yang diceritakankembali Menginformasikan - SiswamenyampaiakanrangkumanmateritentangDewa, BhataradanAwatara di depankelas - SiswamenceritakankembaliceritaDasaAwataraWisnu Kognitif: - Siswamengerjakanlatihansoal yang diberikan guru - SiswamennceriakankembaliCeritaDasaAwataraWisnu - SiswamelaksanakandiskusikelompoktentangDewa, BhataradanAwatara Afektive - Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment 12 JP BukuPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti K13. Kelas VII (BalitbangKemendikbud) 3.4 MampumenguraikanKarmaphalasebagaihukumrta Hindu 4.4 MampumenjelaskanartidanjenisKarmaphala - Karmaphala: - - Sancitakarmaphala - - Prarabdakarmaphala - - KryamanaKarmaphala Mengamati - Siswamencatatdanmembacapengertiandanjeniskarmaphala - Siswamendengarkanpenjelasantentanghukumkarmaphala Menanya - Siswabertanyatentangkarmaphala - Siswabertanyajenisjenishukumkarmaphala MengumpulkanInformasi - Siswamerangkummateritentangkarmaphaladariberbagaisumber - Siswamencarimateritentangbhuktiadanyahukumkarmaphala Mengasosiasi - Siswamenyimpulkanmateritentangkarmaphala yang di paparkan guru - Siswamenunjukkanadanyakarmaphala Menginformasikan - Siswamenyampaiakanrangkumanmateritentangkarmaphala - Siswamenggambarkanjenisjeniskarmaphala Kognitif: - Siswamengadakandiskusiterbimbingbersama gurutentangmaterikarmaphala - Siswamenjawabsemuatugas yang diberikanterkaitkarmaphala Afektive - Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment 12 JP BukuPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti K13. Kelas VII (BalitbangKemendikbud Mengetahui Kepala Sekolah Guru Agama Hindu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar