SILABUS
Sekolah :
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindudan Budi Pekerti
KompetensiInti
KI 1 Menghargaidanmenghayatiajaran agama Hindu
KI 2 Menghargaidanmenghayatiprilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransidangotongroyong),santun, percayadiridalamberinteraksisecara effective denganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
KI 3 Memahamipengetahuan (factual, konseptualdanprocedural )berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, senidanbudayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
KI 4 Mencobamengolahdanmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai , merangkai, memodifikasidanmembuat) danranah abstract (menulismembaca, menghitung, menggambardanmengarang ) sesuaidengan yang dipelajaridisekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang yang berbeda
KompetensiDasar MateriPokok Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu SumberBelajar
1.1 Membiasakanmengucapkansalam agama Hindu
1.2 Membiasakanmengucapkandainikaupasana (doaseharihari) Pengucapan mantra dandoasehariharisebagaibentukpenghargaandanpenghayatansertapengamalanajaran agama Penilaiandilakukanmelaluiobservasidanself assessmentataupenilaiandiri
2.2 Toleranterhadapsesama, keluargadanlingkungandengancaramenyayangisemuamahluk.
2.3 Berprilakujujur, menghargaidanmenghormatimahlukciptaan Ida Sang HyangWidhi
3.1 MampumenguraikanAstaAiswarya
4.1 MenggambarkanAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi AstaAiswarya:
- Anima
- Laghima
- Mahima
- Wasitwa
- Prakamya
- Prapti
- Yatra Kama Wasittwa Mengamati
- MenyimakAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi
- MembacamaterimateriAstaAiswarya
Menanya
- SiswabertanyatentangAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi
- SiswabertanyatentangbagianbagianAstaAiswarya
Mengumpulkan Inform
- SiswamengumpulkanmateritentangAstaAiswarya
- SiswamengumpulkaninformasitentangwujudAstaAiswarya
- SiswamenyimakmateridisampaikanPendidik
Mengasosiasi
- SiswamengasosiasikanpristiwatertentusebagaiwujudAstaAiswarya
- SiswamenyimpulkansumbersumberbacaantentangAstaAiswarya
Mengkomunikasikan
- SiswamenyampaikanAstaAiswaryasebagaikemahakuasaan Ida Sang HyangWidhi
- Siswamenyampaikankesimpulantentangmateri yang dipelajari Kognitif:
- Siswamengerjakanlatihansoal yang diberikan guru
- Siswamengerjakanlatihansoal di LKS bab I
- SiswamenggambarkankeyakinanterhadapNawaDewata
Afektive
- Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment
12 JP -BukupaketPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekertikelas
-Buku LKS WidyaPustaka
3.2 MampumenguraikanpemimpindankepemimpinanHindu
4.2 Mampumenguraikanajarankepemimpinan Hindu - Pemimpindankepemimpinansertaajarankepemimpinan Hindu:
- - AstaBrata
- - Tri Upaya Sandi
- - PancaUpaya Sandi Mengamati
- Siswamembacamateripemimpindankepemimpinandaribeberapaaspek
- Siswamembacadanmengamatiajaranajarankepemimpinan Hindu yakniastabratadanPancaupayasandhi
Menanya
- Siswabertanyatentangperbedaanpemimpindankepemimpinan
- Siswabertanyatentangajarankepemimpinan Hindu; AstaBratadanpancaUpayasandhi
Mengumpulkaninformasi
- Siswamembacamateritentangpemimpindankepemimpinan Hindu
- Siswamencaribentukbentukkepemimpinan Hindu
Mengasosiasi
- Siswamenunjukkanperbedaanpemimpindankepemimpinan
- Siswamenunjukkanprilakupemimpinberdasarkanajarankepemimpinan Hindu
Mengkomunikasikan
- Siswamenyampaikanperbedaanpemimpindankepemimpinan di depankelas
- Siswamenjelaskanajarankepemimpinan Hindu dancontohpenerapannya
Kognitif:
- Siswamengerjakanlatihansoal yang diberikan guru
- Siswamengerjakanlatihansoal di LKS bab II
- Siswamenggambarkanupayapenerapankepemimpinan di lingkungansekitarnya
Afektive
- Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment
12 JP -BukupaketPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekertikelas
-Buku LKS WidyaPustaka
3.3 MampumenguraikanDewa, BhataradanAwatarasebagaiaspekSradha
4.3 MampumenunjukkankeyakinanterhadapDewa, BhataradanAwatara - Dewa, BhataradanAwataraberdasarkankeyakinan Hindu Mengamati
- SiswamencatatdanmembacamateritentangDewa, BhataradanAwatara
- SiswamendengarkanpenjelasantentangDewa, BhataradanAwatara
Menanya
- SiswabertanyatentangDewa, BhataradanAwatara
- SiswabertanyatentangCeritaDasaAwataraWisnu
MengumpulkanInformasi
- SiswamerangkummateritentangDewa, BhataradanAwataradariberbagaisumber
- SiswamencariceritaDasaAwataraWisnu
Mengasosiasi
- SiswamenunjukkankeyakinanterhadapDewa, BhataradanAwatara
- SiswamenyimpulkanceritaDasaAwataraWisnu yang diceritakankembali
Menginformasikan
- SiswamenyampaiakanrangkumanmateritentangDewa, BhataradanAwatara di depankelas
- SiswamenceritakankembaliceritaDasaAwataraWisnu Kognitif:
- Siswamengerjakanlatihansoal yang diberikan guru
- SiswamennceriakankembaliCeritaDasaAwataraWisnu
- SiswamelaksanakandiskusikelompoktentangDewa, BhataradanAwatara
Afektive
- Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment
12 JP BukuPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti K13. Kelas VII (BalitbangKemendikbud)
3.4 MampumenguraikanKarmaphalasebagaihukumrta Hindu
4.4 MampumenjelaskanartidanjenisKarmaphala - Karmaphala:
- - Sancitakarmaphala
- - Prarabdakarmaphala
- - KryamanaKarmaphala Mengamati
- Siswamencatatdanmembacapengertiandanjeniskarmaphala
- Siswamendengarkanpenjelasantentanghukumkarmaphala
Menanya
- Siswabertanyatentangkarmaphala
- Siswabertanyajenisjenishukumkarmaphala
MengumpulkanInformasi
- Siswamerangkummateritentangkarmaphaladariberbagaisumber
- Siswamencarimateritentangbhuktiadanyahukumkarmaphala
Mengasosiasi
- Siswamenyimpulkanmateritentangkarmaphala yang di paparkan guru
- Siswamenunjukkanadanyakarmaphala
Menginformasikan
- Siswamenyampaiakanrangkumanmateritentangkarmaphala
- Siswamenggambarkanjenisjeniskarmaphala Kognitif:
- Siswamengadakandiskusiterbimbingbersama gurutentangmaterikarmaphala
- Siswamenjawabsemuatugas yang diberikanterkaitkarmaphala
Afektive
- Penilaianprilakudilakukanmelaluiobservasilangsungdanself assessment
12 JP BukuPendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti K13. Kelas VII (BalitbangKemendikbud
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Agama Hindu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar