Senin, 04 Januari 2016


PURA KAPRUSAN BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Istilah Pura dengan pengertian sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat Hindu, tampaknya berasal dari jaman yang tidak begitu tua. Pada mulanya istilah Pura yang berasal dari kata Sanskerta itu berarti kota atau benteng yang sekarang berubah arti menjadi tempat pemujaan Hyang Widhi. Sebelum dipergunakannya kata Pura untuk manamai tempat suci / tempat pemujaan dipergunakanlah kata Kahyangan atau Hyang. Kata Hyang yang berarti tempat suci atau tempat yang berbubungan dengan Ketuhanan. Disamping itu juga, Pura adalah tempat suci umat Hindu yang berfungsi sebagai tempat pemujaan Hyang Widhi Wasa dalam segala Prabawa- NYA (manifestasi- NYA) dan atau Atma Sidha Dewata (Roh Suci Leluhur) dengan sarana upacara yadnya sebagai perwujudan dari Tri Marga. Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka dalam laporan penelitian ini akan membahas mengenai tentang sejarah suatu pura yang dikhususkannya yaitu Pura Kaprusan yang terletak di Lombok. 1.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana sejarah didirikannya Pura Kaprusan? 2. Bagaimana asal mula diberikan nama Pura Kaprusan? 1.3 Tujuan Penulisan 1. Untuk mengetahui dengan jelas sejarah pura khususnya Pura Kaprusan di Lombok. 2. Agar dapat mengetahui asal mula nama Kaprusan tersebut. 3. Untuk memenuhi tugas bidang study Tattwa. BAB II PEMBAHASAN 2.1 Sejarah Singkat Pura Kaprusan Menurut beberapa sumber yang saya dapat, perjalanan Dang Hyang Dwijendra hingga ke Pulau Lombok merupakan lanjutan dari perjalanan beliau dari Jawa dan Bali. Beliau kerap berpindah-pindah tempat. Di awali dari daerah Daha, kemudian ke Pasuruan, Blambangan, terus ke kawasan Pulau Bali bagian Barat-Jembrana (sekitar tahun Çaka 1411). Selain mengelilingi pantai selatan Pulau Bali, beliau melanjutkan perjalanan spiritual ke kawasan Bali Utara. Seperti Pura Pulaki hingga ke Pura Ponjok Batu. Sebelum melanjutkan perjalanannya ke Pulau Lombok, ditempat yang terakhir itulah Dang Hyang Dwijendra disebutkan sempat menolong beberapa orang bendega atau nelayan perahu yang karam dekat Ponjok Batu. Para bendega asal Lombok yang diselamatkan beliau itu konon turut mengantarkan Dang Hyang Dwijendra ke Lombok, perjalanan Dang Hyang Dwijendra dari Pojok Batu (Bali) menuju ke pulau Lombok dan beliau berlabuh di daerah malingbu, kata malingbu berasal dari kata “malbhu” yang berarti melabuh. Setelah itu beliau berjalan menyusuri pinggiran pantai menuju kearah selatan dan beliau melihat laut yang muncrat ditebing pinggir pantai lalu beliau melakukan semadhi ditempat pura tersebut dan kemudian beliau menepatkan batu di pojok selatan areal pura, batu tersebut disebut batu kapurusa. Setelah itu baru di bangunlah pura kaprusan tersebut oleh masyarakat di sana terutama Mangku Nanggeng dan Mangku Wayan Arta. Mangku Arta salah satu yang merupakan pemangku yang sehari-hari siap melayani umat tangkil ke pura itu. Kata beliau, keberadaan pura itu memiliki nilai sejarah dan spiritual sebagai bagian dari perjalanan suci Dang Hyang Dwijendra yang usai menyusuri pantai-pantai di Bali. Dikatakannya, sebelum beliau yang disebut pula sebagai Ida Peranda Sakti Wawu Rauh. Kemudian beliau melanjutkan perjalananya sampai di Batu Belong, pertama kali memasuki kawasan Tanjung ukur dan Kapurusan. Dan melanjutkan ke lingsar dan suranadi. Ikhwal yang paling menonjol peran beliau dalam penerapan konsep pembangunan pura di Bali maupun di Lombok adalah tentang perlunya dibangun sebuah pelingggih dalam bentuk Padmasana sebagai sthana Ida Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Pencipta). Dikatakan berbeda peruntukannya dengan tempat pemujaan lain, yang umumnya berfungsi sebagai tempat pemujaan roh suci leluhur dan para dewa. Disamping mengenai sejarahnya, mangku arta juga mengatakan bahwa pura kaprusan telah melakukan pembugaran dengan dipelaspas oleh perande Ketut Rai. Pada tahun 2010 dilakukan perenovasian untuk pelinggih gunung agung yang di puput oleh perande Subali Tegeh. Pada pura kaprusan ini ada beberapa pelinggih yaitu pelinggih Bhatara Baruna Asta atau Pelinggih Dang Hyang Dwijendra, pelinggih Gunung Agung, Linggam, pelinggih tempat Pertirtaan, dan pelinggih tempat Pelukatan. Selain terdapat pelinggih tersebut juga terdapat adanya Bale Pekemitan atau Pesandegan dan Bale Pawedaan. Untuk dapat masuk ke pura kaprusan kita harus melewati anak tangga yang menurun panjang dari candi pelawangan menuju utama mandala. Sebelum masuk utama mandala terdapat pelinggih yang di sebut pelinggih Pertirtaan dan dibawah pinggir pantai terdapat pelinggih Pelukatan. Setelah masuk ke utama mandala terdapat tiga pelinggih yaitu pelinggih Bhatara Baruna Asta atau Pelinggih Dang Hyang Dwijendra, pelinggih Gunung Agung dan Linggam. Bangunan lain yang terdapat di utama mandala yaitu Bale Pawedaan dan Bale Pekemitan. Pura Kaprusan ini diempon oleh empat dusun yaitu Dusun Kerandangan, Batu Layar, Tanah Embet Barat dan Tanah Embet Timur. Pujawali atau piodalan di pura kaprusan jatuh pada purnamaning sasih sada yang dilaksanakan satu tahun sekali. Dimana satu hari sebelum acaranya, masyarakat disana membuat atau menghias penjor dan membersihkan pura tersebut. Kemudian pada puncak acaranya yaitu pagi mesesapun atau melukat dan memargiang prayascita dan jam 4 melaksanakan nuhur tirta setempat, lalu melakukan persembahyangan pujawali dan ngelukar atau ngeluarkan yang di puput oleh perande. Seperti yang kita ketahui pada umumnya, umat hindu dalam melaksanakan upacara selalu identik dengan daging babi tetapi berbeda dalam pura kaprusan, dimana daging babi tidak diperbolehkan dalam pujawali pura kaprusan. Namun bagi masyarakat yang makan daging bali tetap bisa melakukan persembahyangan dengan terlebih dahulu menyucikan diri yang dikenal dengan nama melukat. Selain aturan tersebut, pura kaprusan juga memiliki peraturan yang sama seperti pada umumnya yaitu bagi wanita yang sedang haid tidak boleh memasuki area utama mandala serta tidak bolehnya juga memakai celana dengan kata lain harus memakai kain dan selendang. Disamping adanya peraturan, pura kaprusan juga memiliki hal-hal yang unik seperti adanya sebuah linggam dan air yang muncrat dipinggir pantai sehingga terdengar deburan air yang ramai yang semakin membuat pura kaprusan terlihat indah. BAB III PENUTUP 3.1 Simpulan Pura Kaprusan ini terletak di utara Pantai Senggigi, tepatnya di utara Hotel Sheraton Senggigi. Untuk dapat memasuki pura kaprusan kita harus berjalan sekitar 100 meter untuk sampai pura melewati jalan menurun yang telah dibuat berundak- undak, dari undak- undakan ini kita bisa melihat indahnya Pantai Senggigi di arah kiri kita. . Sebelum masuk utama mandala terdapat pelinggih yang di sebut pelinggih Pertirtaan dan dibawah pinggir pantai terdapat pelinggih Pelukatan. Setelah masuk ke utama mandala terdapat tiga pelinggih yaitu pelinggih Bhatara Baruna Asta atau Pelinggih Dang Hyang Dwijendra, pelinggih Gunung Agung dan Linggam. Bangunan lain yang terdapat di utama mandala yaitu Bale Pawedaan dan Bale Pekemitan. Awal diberikan nama Pura Kaprusan adalah ketika di tempat yang terakhir itulah Dang Hyang Dwijendra disebutkan sempat menolong beberapa orang bendega atau nelayan perahu yang karam dekat Ponjok Batu. Para bendega asal Lombok yang diselamatkan beliau itu konon turut mengantarkan Dang Hyang Dwijendra ke Lombok, perjalanan Dang Hyang Dwijendra dari Pojok Batu (Bali) menuju ke pulau Lombok dan beliau berlabuh di daerah malingbu, kata malingbu berasal dari kata “malbhu” yang berarti melabuh. Setelah itu beliau berjalan menyusuri pinggiran pantai menuju kearah selatan dan beliau melihat laut yang muncrat ditebing pinggir pantai lalu beliau melakukan semadhi ditempat pura tersebut dan kemudian beliau menepatkan batu di pojok selatan areal pura, batu tersebut disebut batu kapurusa. Setelah itu baru di bangunlah pura kaprusan tersebut oleh masyarakat di sana terutama Mangku Nanggeng dan Mangku Wayan Arta. Mangku Arta salah satu yang merupakan pemangku yang sehari-hari siap melayani umat tangkil ke pura itu. Kata beliau, keberadaan pura itu memiliki nilai sejarah dan spiritual sebagai bagian dari perjalanan suci Dang Hyang Dwijendra yang usai menyusuri pantai-pantai di Bali. Dikatakannya, sebelum beliau yang disebut pula sebagai Ida Peranda Sakti Wawu Rauh. Kemudian beliau melanjutkan perjalananya sampai di Batu Belong, pertama kali memasuki kawasan Tanjung ukur dan Kapurusan. Dan melanjutkan ke lingsar dan suranadi. Pujawali Pura Kaprusan jatuh pada purnamaning Sasih Sada yang hanya satu tahun sekali dengan dipuput oleh pedande. Pura Kaprusan ini diempon oleh empat dusun yaitu Dusun Kerandangan, Batu Layar, Tanah Embet Barat dan Tanah Embet Timur. 3.2 Denah Pura Kaprusan 3.3 Dokumentasi Pelinggih-Pelinggih Pura Kaprusan Pelinggih Danghyang Dwijendra Pelinggih Gunung Agung Bale Pesandegan Linggam Pelinggih Petirtaan Pelinggih Penglukatan Bale Pawedaan Apit Lawang DAFTAR INFORMASI Nama : Mangku Wayan Parka Alamat : Tanah Embet Barat Pekerjaan : Pemangku No HP : 087765101255 Nama : Nengah Mangku Alamat : Tanah Embet Barat Pekerjaan : Mangku untuk keluarga No HP : 08175707748 Nama : Mangku Wayan Artha Alamat : Tanah Embet Barat Pekerjaan : Pemangku No HP : 087865435560

Tidak ada komentar:

Posting Komentar