Senin, 04 Januari 2016


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Materi Pokok : Topik : Alokasi Waktu : A. Kompetensi Inti KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli, (gotongRoyong, kerjasama,toleran,damai,santun,responsive,proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. KI3 : Memahami menerapkan,menganalisi pengetahuan factual, konseptual,procedural, Berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya dan Humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban. Terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah. KI4: Mengolah,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar ( KD) : 1.1. Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu Indikator. 1). Mengucapkan panganjali 2). Melakukan trisandhya. 1.2. Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangiciptaan Sang Hyang Widhi (ahimsa). Indikator. 1). Menghargai dan bekerja sama dalam diskusi kelompok 2). Menyampaikan pendapat secara sopan dan jujur 1.3 Berprilaku jujur (satya), menghargai dan menghormati (tat twan asi) makhluh hidup Ciptaan Sang Hyang Widhi Indikator 1) Menghargai dan menghormati makhluh hidup ciptaan Sang Hyang Widhi 1.4. Memahami ajaran Dharma Gita sebagai jalan berhubungan dengan Sang HyangWidhi Indikator 1)Menyampaikan pendapat tentang Dharma Gita 2)Menjelaskan Macam-macam Dharma Gita 3) Menyanyikan atau menghafalkan salah satu sloka 1.5 Mempraktikkan sikap pelaksanaan dharma gita Indikator 1)Menunjukkan sikap hidup sesuai dengan ajaran Agama Hindu 2) Memberikan contoh sikap pelaksanaan Dharma Gita C. Tujuan Pembelajaran Melalui kegiatan membaca materi Dharma Gita,menanya,mendiskusikan,menyimpulkan serta mengkomunikasikan,peserta didik dapat melakukan hal-hal sebagai berikut : 1. Menjelaskan pengertian Dharma Gita 2. Menjelaskan macam-macam Dharma Gita 3. Mengklasifikasikan bentuk pelaksanaan Dharma Gita 4. Memahami makna salah satu pupuh. D. Materi Ajar Dharma Gitameliputi : 1. Pengertian Dharma Gita 2. Macam-macam Dharma gita 3. Penerapan dharma gita dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari 4. Memahami makna salah satu pupuh E. Metode pembelajaran 1. Diskusi 2. Ceramah 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. Presentasi 6. Demonstrasi F. Alat/Bahan/Sumber Belajar 1. Spidol.Whiteboard,LKS, laptop 2. Lembar penilaian 3. Buku yang relevan dalam hal ini buku pelajaran agama hindu G. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan I Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Awal 1. Guru memberi salam,Om Swastyastu, dan mengajak peserta didik berdoa Puja Trisandhya 2. Guru mengabsen peserta didik, serta menanyakan keadaannnya. 3. Menenumbuhkan pendidikan karakter dan pembiasaan kepada peserta didik 4. Sebagai motivasi, guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami pengertian, bagian-bagian dan kualifikasi dari dharma gita 5. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, dengan Tanya jawab, peserta didik diajak mengingat kenbali tentang gambaran dharma gita secara umum 6. Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai yaitu menentukan pengertian, bagian-bagian dari dharma gita 20 menit Inti Mengamati 1. Peserta didik membaca sumber-sumber yang mendukung ajaran dharma gita 2. Peserta didik mengamati dan menganalisis sloka. Menanya 1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik istilah orang yang menjalani masing-masing bagian dari dharma gita Mengeksplorasi 1. Mempresentasikan tentang pengertian dharma gita 2. Menjelaskan tentang bagian-bagian dari dharma gita Mengasosiasi 1. Melihat di sekitarnya perilaku masyarakat yang melaksanakan ajaran dharma gita 2. Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pengamalan dharma gita oleh masyarakat Hindu Mengkomunikasikan 1. Menyampaikan hasil belajar secara tertulis tentang pengertian dan bagian-bagian dari dharma gita. 2. Membuatgambar-gambar/foto kegiatanpengamalan dharma gita 90 menit Penutup 1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembahasan tentang materi dharma gita 2. Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan yang dibuat peserta didik 3. Guru dan peserta didik melakukan refleksi diri terhadap hasil diskusi 4. Guru memberikan test lisan untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran 5. Guru memberikan tugas mandiri berstruktur untuk pertemuan berikutnya 6. Peserta didik yang terbaik mendapat penghargaan dari guru 7. Diakhiri dengan doa paramasantih 25 menit Pertemuan II Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Awal 1. Guru member salam,Om Swastiyastu, dan mengajak peserta didik berdoa Puja Trisandhya 2. Guru mengabsen peserta didik, serta menanyakan keadaannnya. 3. Menumbuhkan pendidikan karakter dan pembiasaan kepada peserta didik 4. Sebagai motivasi, guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami bagian-bagian dari dharma gita 5. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, dengan Tanya jawab, peserta didik diajak mengingat kenbali tentang gambaran dharma gita secara umum 6. Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai yaitu mengetahui contoh-contoh penerapan dharma gita dalam kehidupan dan hubungan dharma gita dengan tujuan agama hindu. 20 menit Inti Mengamati 1. Peserta didikmengamati contoh penerapan dharma gitadalam kehidupan. 2. Peserta didik mencermati hubungan dharma gita dengan tujuan ajaran agama hindu Menanya 1. Mengungkapkan contoh penerapan dharma gita di kehidupan. 2. Mengungkapkan hubungan dharma gita dengan tujuan ajaran agama hindu. Mengeksplorasi 1. Mempresentasikan tentang penerapan dharma gita dalam kehidupan dan hubungan dharma gitadengan tujuan agama hindu. 2. Mengumpulkan data-data untuk mendukung pelaksanaan dharma gita dalam kehidupan masyarakat Hindu Mengasosiasi 1. Melihat di sekitarnya perilaku masyarakat yang melaksanakan ajaran dharma gita 2. Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pengamalan dharma gita oleh masyarakat Hindu Mengkomunikasikan 1. Menyampaikan hasil belajar secara tertulis penerapan ajaran dharma gitadalam kehidupan bermasyarakat dan hubungan dharma gita dengan tujuan agama hindu. 2. Membuat gambar-gambar/foto kegiatan pengamalan dharma gita 90 menit Penutup 1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembehasan tentang materi dharma gita 2. Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan yang dibuat peserta didik 3. Guru dan peserta didik melakukan refleksi diri terhadap hasil diskusi 4. Guru memberikan test lisan untuk mengetahui ketercapauan pembelajaran 5. Guru memberikan tugas mandiri berstruktur untuk pertemuan berikutnya 6. Peserta didik yang terbaik mendapat pebghargaan dari guru 7. Diakhiri dengan doa paramasantih 20 menit H. Penilaian a) Penilaian Kognitif/Pengetahuan No Pertanyaan Jawaban Skor 1 Apakah yang dimaksud dengan dharma gita Dharmagita adalah lagu-lagu pujian tentang Tuhan yang berisikan ajaran agama Hindu sebagai tuntunan hidup umat manusia Betul 5 2 Sebutkan macam-macam Dharma Gita! 1. Sekar Rare 2. Sekar Alit 3. Sekar Madya 4. Sekar Agung Betul 5 3 Tulislah nilai yang terkandung didalam sloka dan mantra! 1. nilai tentang ketulusan, 2. nilai bhakti dan kesetiaan, 3. nilai kebenaran dan kejujuran, 4. nilai keberanian berkorban, 5. nilai kesatuan dan persatuan masyarakat, dan 6. nilai estetika yang mempunyai daya membangun jiwa. Betul 5 Nilai peserta didik: Jumlah Skor Prolehan x 100 Jumlah Skor Maksimal b) Penilaian Ketrampilan/Psikomotor 1. Tes Praktik a) Lafalkan satu bait sloka yang berfungsi agar terhindar dari bencana alam! b) Menyebutkan Contoh lagu dari sekar alit (pupuh kumambang) Format Penilaian Melafalkan bait sloka dalam Ajaran Catur Marga Nama Peserta didik: Tanggal : Kelas : No Aspek yang dinilai Tingkat kemampuan 4 3 2 1 1 Penampilan 2 Kebenaran Ucapan/ Suara 3 Kebenaran Guru Lagu/Wirama Jumlah : Kriteria Penskoran: 4 = baik sekali 3 =Baik 2 =Cukup 1= Kurang Nialai :Jumlah Skor Perolehan x 100 = Jumlah Skor Maksimum 2.Presentasi Rubrik Penilaian Presentantasi Nama Kelompok :………………. Kelas :………………. Tgl penilaian :………………. No Indikator Deskriptor Skor 1 Penguasaan materi yang dipresentasikan 1. Menunjukan penguasaan materi presentasi dengan sangat kurang baik 2. Menunjukan penguasaan materi presentasi dengan kurang baik 3. Menunjukan penguasaan materi dengan cukup baik 4. Menunjukan penguasaan materi dengan sangat baik 2 Sistemetika Presentasi 1. Materi presentasi di sajikan secara tidak runtun dan tidak sistematis 2. Materi presentasi di sajikan secara kurang runtun dan tidak sistematis 3. Materi presentasi di sajikan secara runtun kurang sistematis 4. Materi presentasi di sajikan secara runtun dan sistematis 3 Penggunaan bahasa 1. Bahas yang di gunakan sangat sulit di pahami 2. Bahas yang di gunakan agak sulit di pahami 3. Bahas yang di gunakan cukup mudah di mengerti 4. Bahas yang di gunakan sangat mudah di pahami 4 Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi 1. Penyampaian materi yang di sajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yang tidak jelas. 2. Penyampaian materi yang di sajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafalan yang kurang jelas 3. Penyampaian materi yang di sajikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak jelas 4. Penyampaian materi yang di sajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas 5 Kemampuan memanfaatkan media presentasi 1. Penyampaian materi di sajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yang tidak jelas 2. Penyampaian materi di sajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulai/lafal yang kurang jelas 3. Penyampaian materi yang disjikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak jelas 4. Media yang di manfaatkan sangat jelas,menarik dan menunjang seluruh sajian 6 Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan 1. Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan 2. Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik 3. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik 4. Mampu mempertahahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan arif dan bijakan. Ket : Nilai= Jumlah skor perolehanx Jumlah skor maksimal 100 c.Penilaian Sikap/Afektif No Nama Siswa Aspek Pengamatan Skor Nilai Ket 1 2 3 4 5 6 7 8 Keterangan angka : 1. Kejujuran, 2. Santun, 3. Peduli sosial, 4. Kerja sama, 5. Mengkomunikasikan pendapat, 6. Toleransi, 7. Keaktivan, 8. Menghargai pendapat teman. Keterangan Skor: Masing-masing kolom diisi dengan kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 2 = Cukup, dan 1 + Kurang Nilai = ∑ Skor Perolehan x 100 Skor Maksimal (20) Kriteria Nilai A = 80 - 100 : Sangat Baik, B = 70 - 79 : Baik, C = 60 - 69 : Cukup, D = <60 : Kurang Mataram,17 Maret 2015 Mengetahui:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar