Rabu, 17 Desember 2014

RPP berdasarkan Permendikbud

PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BerdasarkanPermendikbud Nomor 65 tahun 2013,Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Pengertian:RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upayamencapai Kompetensi Dasar (KD). Implikasi : - Disusun tidak untuk setiap kali tatap muka. - Dasar pengembangannya adalah Silabus, bukan buku siswa. - Memberikan arah terhadap kegiatan pembelajaran bukan sekadar kelengkapan administrasi. Penyusun : Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, danperkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Implikasi : - Disusun oleh masing-masing guru. Jika disusun bersama dalam kelompok harus disesuaikan dengan kondisi sekolah/kelasnya. - Penulisan RPP mengikuti sistematika yang terdapat dalam lampiran Peraturan Menteri (TujuanPembelajaraanan dirumuskan sebelum KD dan indicator pencapaiannya). Ini sejalan dengan perubahan “Mindset” bahwa kurikulum dikembangkan berdasarkan kebutuhan peserta didik. Kebutuhan itu berupa kecakapan hidupmencakup kecakapan generik (intrapersonal/interpersonal), vokasional, dan akademik. - Guru diberi kebebasan dalam memilih cara membelajarkan siswanya (metode/strategi/pendekatan) sepanjang mengacu pada karakteristikter sebut di atas. Prinsip Penting: Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. Implikasi : - Satu RPP mencakup beberapa KD yang relevan merujuk pada KI1,KI2,KI3, dan KI4. - Setiap KD dirumuskan indikator pencapaiannya sebagai dasar untuk penilaian. Komponen/ Sistematika RPP : a. Identitas Sekolah: b. Identitas matapelajaran atau tema; c. Kelas/semester: d. Materi pokok: e. Alokasi Waktu : (ditentukansesuaidengankeperluanuntukpencapaian KD danbebanbelajardenganmempertimbangkanjumlah jam pelajaran yang tersediadalamsilabusdan KD yang harusdicapai) f. Tujuan Pembelajaran : (dirumuskan berdasarkan KD,dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, danketerampilan) Catatan :Dirumuskandalamsatukalimatlengkap yang menggambarkan“KecakapanHidup” (life skills)yaitukecakapanapa yang harusdimilikisiswasetelahmenguasai KD.Cirikurikulum 2013 adalahbahwapengembangannyadidasarkanataskebutuhanpesertadidik. Contoh: Siswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru, teman-temannya, dan orang-orang disekitarnya melalui sapaan dan pamitan secara santun, peduli dan bersungguh-sungguh dengan menggunakan struktur teks yang runtut dan unsur kebahasaan yang benar. (Perilaku: santun, peduli, danbersungguh-sungguh, Keterampilan: berkomunikasi-menjalinhubungan, Pengetahuan: menggunakanstruktur teks, unsur kebahasaan) g. Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian: Catatan : - KD dikutip darisi labus dengan cara memilih KD yang terkait dari KI1, KI2, KI3, dan KI4 - Setiap KD dirumus kan Indikator Pencapaiannya dengan menggunakan Kata KerjaOperasional (KKO) sebagai acuan untuk penilaian. (mencakup semua ranah: perilaku, keterampilan, danpengetahuan) h. Materi pembelajaran:(memuatfakta, konsep, prinsip, danprosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi) Catatan: Untuk pembelajaran bahasa mencakup fungsi sosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan. i. Metode pembelajaran: digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengankarakteristik pesertadidik dan KD yang akandicapai; Catatan :berbagai metode bias digunakan sepanjangmendukungpen dekatan yang disarankan oleh Kurikulum 2013 yaitu :”Scientific Approach” j. Media pembelajaran: berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran; Catatan:merupakan sarana penghubung agar perilaku, keterampilan, dan pengetahuan terinternalisasi oleh peserta didik. k. Sumber belajar: dapat berupa buku,media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan; l. Langkah-langkah pembelajaran: dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup;Pada kegiatan inti tahapan-tahapan/langkah kegiatan sesuai dengan “Pendekatan Saintifik” Mengamati (Observing): Uraikan apa yang dilakukan peserta didik pa da saat mengamati obyek yang disampaikan oleh guru. Bisamelalui video, kejadian nyata/ disimulasikan, benda nyata/realia ataupun miniature, gambar dll. Menanya (Questioning): Uraikan bagaimana guru memancing pertanyaan siswa. Tuliskan “Leading Questions”, atau pertanyaan pengarah yang dapat memotivasi siswa untuk bertanya. Menalar (Associating): Tuliskan kegiatan peserta didik yang mengarah pada suatu kesimpulan tentang apa yang sedang mereka pelajari. Bisa berupa generali sasiatau hipotesa. Mencoba (Experimenting): Tuliskan kegiatan peserta didik dalam melakukan latihan-latihan. Latihan-latihan tersebut hendaknyadimulaidari yang paling sederhana hingga yang kompleks. Padatahapini waktu yang dibutuhkan relative panjang. Targetnya adalah perilaku, keterampilan dan pengetahuansudah benar-benar terinternalisasioleh peserta didik. Mengkomunikasikan Hasil (Networking): Pada tahap ini, peserta didik diberikan kesempatan untuk mendemonstrasikan hasil belajarnya (Life Skill) yang telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran secara wajar. Kegiatan dapat berupa proyek, presentasi, ataukegiatan nyata dll. Catatan :Ke lima langkah pembelajaran tidak dilakukan dalam satu kali tatap muka melainkan selama alokasi waktu yang telah direncanakan. m. Penilaian hasil belajar: Semua ranah dinilai dengan menggunakan berbagai cara penilaian misalnya: Perilaku :menggunakan lembar observasi. Keterampilan :menggunakan rubrik penilaian Pengetahuan :tertulis, menjawab, menjodohkan menuliskan dll. SEBAGAI BAHAN DISKUSI, MOHON DILENGKAPI DAN DISEMPURNAKAN SMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA YANTO-LPMP NTB. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : ……………… Kelas/Semester : ………………… Mata Pelajaran : ……………………. Topik : …………………….. Pertemuan Ke- : …………….. Alokasi Waktu : …………….. A. Kompetensi Inti ( diambil dari KI dan KD mata pelajaran) B. Kompetensi Dasar ( diambil dari KD aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan) C. Indikator Pencapaian Kompetensi D. Tujuan Pembelajaran E. Materi Pembelajaran F. Metode ( Pendekatan dan Metode Pembelajaran) 1. Pendekatan : 2. Metode : ( Boleh ditambah dengan mencantumkan Strategi dan Model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran) G. KKM : H. Kegiatan Pembelajaran KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU Pendahuluan Kegiatan inti Penutup I. Alat dan Sumber Belajar 1. Alat dan bahan Praktikum 2. Sumber J. Penilaian Teknik penilaian: Tertulis Bentuk Instrumen : Kunci Jawaban : Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda dan Uraian NILAI = (Skor yang didapat/Skor maks) x 100 Contoh Lembar Pengamatan Sikap No Nama Perilaku yang diamati pada pembelajaran Menghargai orang lain Disiplin Aktivitas Kerjasama Komunikasi 1 2 3 ... ................... ....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar